Gunung Butak, Permata Tersembunyi di Bumi NusantaraGunung Butak, Permata Tersembunyi di Bumi Nusantara

Gunung Butak permata tersembunyi bumi nusantara salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Dengan ketinggian sekitar 2.868 meter di atas permukaan laut, permata tersembunyi bumi nusantara menawarkan pemandangan alam  Serta merupakan destinasi favorit bagi para pendaki dan pecinta alam. Selain itu terdapat situs penghasil cuan Totowayang Slot.

Lokasi dan Akses

Gunung Butak terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Selain itu Gunung ini merupakan bagian dari pegunungan yang juga mencakup Gunung Kawi dan Gunung Panderman. Oleh karena itu akses menuju Gunung Butak cukup mudah dengan berbagai pilihan jalur pendakian.

Sejarah dan Legenda

Selain itu Gunung Butak juga memiliki sejarah dan legenda yang kaya. Nama “Butak” sendiri konon berasal dari bahasa Jawa yang berarti “botak,” merujuk pada puncak gunung yang terlihat gundul dan tidak ditumbuhi banyak vegetasi. Selain itu, masyarakat setempat memiliki berbagai cerita dan mitos yang berhubungan dengan gunung ini. Serta menambah daya tarik mistis bagi para pendaki.

Gunung Butak, Permata Tersembunyi di Bumi Nusantara : Jalur Pendakian

Jalur ini merupakan salah satu jalur yang paling populer dan sering digunakan oleh para pendaki. Jalur ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan hutan pinus yang lebat dan udara yang sejuk. Pendaki juga bisa menikmati keindahan Kota Batu dari ketinggian.

Jalur Sirah Kencong (Blitar)

Jalur ini dimulai dari perkebunan teh Sirah Kencong di Blitar. Pendakian melalui jalur ini juga memakan waktu sekitar 8-10 jam.

Keindahan Alam

Gunung Butak terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona.

Puncak Gunung

Dari puncak Gunung Butak, pendaki dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler. Puncaknya yang terbuka memberikan pemandangan 360 derajat yang menakjubkan, termasuk pemandangan Gunung Semeru dan Gunung Arjuno di kejauhan.

Hutan Pinus dan Padang Savana

Jalur pendakian menuju puncak Gunung Butak didominasi oleh hutan pinus yang lebat dan padang savana yang luas. Ini memberikan variasi pemandangan yang menarik dan kesempatan untuk melihat berbagai jenis flora dan fauna.

Gunung Butak, Permata Tersembunyi di Bumi Nusantara : Kebun Teh Sirah Kencong

Jika memilih jalur pendakian dari Blitar, pendaki akan melewati kebun teh Sirah Kencong yang hijau dan asri. Pemandangan kebun teh yang tertata rapi dan udara segar di kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri.

Tips Pendakian

Pendakian Gunung Butak memerlukan kondisi fisik yang prima.

Perlengkapan yang Tepat

Bawa perlengkapan pendakian yang memadai, termasuk pakaian hangat, tenda, sleeping bag, makanan, dan minuman yang cukup.

Perhatikan Cuaca

Selalu cek perkiraan cuaca sebelum mendaki. Musim kemarau biasanya menjadi waktu terbaik untuk mendaki karena jalur lebih kering dan cuaca lebih stabil.

Kesimpulan

Gunung Butak merupakan destinasi pendakian yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan pengalaman mendaki yang menantang. Dengan berbagai jalur pendakian yang tersedia, Gunung Butak memberikan pilihan bagi pendaki dari berbagai tingkat pengalaman. Keindahan puncak, hutan pinus, padang savana, dan kebun teh Sirah Kencong membuat pendakian ke Gunung Butak menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga : Gunung Cikuray Petualangan di Puncak Tertinggi Garut

By admin