Gunung Argopuro Keindahan dan Misteri di Tanah JawaGunung Argopuro Keindahan dan Misteri di Tanah Jawa

Gunung Argopuro keindahan dan misteri gunung berapi yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Keindahan dan misteri gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa. Serta Argopuro menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan berbagai misteri yang menarik perhatian para pendaki dan peneliti. Artikel ini akan membahas sejarah, geografi, flora dan fauna, serta rute pendakian Gunung Argopuro. Selain itu terdapat situs viral Totowayang.

Sejarah dan Geografi

Gunung Argopuro memiliki ketinggian sekitar 3.088 meter di atas permukaan laut dan terletak di antara Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo, dan Kabupaten Bondowoso. Serta merupakan bagian dari Pegunungan Hyang yang membentang di sepanjang wilayah tersebut.

Gunung Argopuro memiliki sejarah yang kaya, termasuk situs arkeologi peninggalan masa lalu, seperti reruntuhan candi di Puncak Rengganis. Nama Argopuro sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “gunung” (Argo) dan “pura” (Puro), yang berarti gunung yang memiliki tempat suci.

Flora dan Fauna

Ekosistem di Gunung Argopuro sangat kaya dan beragam. Hutan-hutan di sekitar gunung ini merupakan habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna, termasuk beberapa yang endemik. Beberapa flora khas yang dapat ditemukan di Gunung Argopuro antara lain Edelweiss Jawa, berbagai jenis anggrek hutan, dan pohon pinus.

Fauna di kawasan ini juga sangat beragam, dengan beberapa spesies yang dilindungi seperti lutung Jawa, macan tutul, dan burung elang Jawa. Keanekaragaman hayati ini menjadikan Gunung Argopuro sebagai salah satu tujuan utama bagi para pecinta alam dan peneliti.

Gunung Argopuro Keindahan dan Misteri di Tanah Jawa : Rute Pendakian

Pendakian Gunung Argopuro terkenal dengan jalurnya yang panjang dan menantang. Rute pendakian utama adalah dari Desa Baderan di Situbondo menuju Desa Bremi di Probolinggo, atau sebaliknya. Jalur ini membentang sepanjang kurang lebih 40-50 kilometer dan biasanya memakan waktu 4-6 hari untuk menyelesaikannya.

Pos Baderan: Titik awal pendakian dari arah Situbondo.
Pos Mata Air 1 dan 2: Tempat pendaki bisa mengisi persediaan air.
Cisentor: Area perkemahan yang luas dan nyaman untuk bermalam.
Puncak Rengganis: Salah satu puncak utama di Gunung Argopuro yang memiliki situs arkeologi.
Puncak Argopuro: Puncak tertinggi yang menawarkan pemandangan spektakuler.

Keunikan dan Misteri

Gunung Argopuro juga dikenal dengan berbagai cerita mistis dan legenda lokal. Salah satu yang terkenal adalah kisah Dewi Rengganis, yang konon adalah putri raja yang meninggalkan kerajaannya dan bersembunyi di Gunung Argopuro.

Pendakian di Gunung Argopuro tidak hanya menantang secara fisik tetapi juga menyajikan pengalaman spiritual bagi beberapa pendaki yang percaya akan cerita-cerita mistis ini.

Kesimpulan

Gunung Argopuro adalah destinasi yang menakjubkan bagi para pendaki dan pecinta alam. Dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa, rute pendakian yang menantang, dan cerita-cerita mistis yang menyertainya, Gunung Argopuro menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan.

Baca Juga : Gunung Ciremai Permata Tertinggi di Jawa Barat

By admin